Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan STKIP Kie Raha Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia telah sukses melaksanakan pentas Seni dan Budaya dengan tema “Dengan Sastra Kita Tingkatkan Spirit Nasionalisme”. Kegiatan yang melibatkan Pemuda dan Pelajar Desa Sangapati, Makian Kabupaten Halmahera Selatan. Selain pentas, ada kegiatan lain seperti Baksos dan sosialisasi tentang Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 20/04/2018.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pipit A. Susanti, M.Pd dalam sambutan pada acara puncak menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Sangapati karena telah menerima mahasiswa prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dengan baik selama kurang lebih 1 (satu) minggu. Kegiatan dimulai dari 9.00 WIT sampai selesai pada tahun 2018 dihadiri oleh kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, pemuda, kepala sekolah SMA 5 Sangapati dan kepala pemuda Desa Sangapati Makian Kabupaten Halmahera Selatan.

Dalam sambutan ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pipit A. Susanti, M.Pd: “Program Studi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan mitra masyarakat oleh karena itu, prodi siap memberikan SDMnya dalam melestrikan sangar seni yang ada di Desa Sangapati ini, bila dibutuhkan”. Dikesempatan itu juga, sambutan Kepal Desa Sangapati yang diwakili oleh Sekertaris Desa, memberikan apresiasi kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sudah melakukan kegitan di Desa Sangapati.

Dosen yang turut terlibat dalam kegiatan ini adalah Idrus Ahmad, M.Pd, Sartika Samad, M.Pd, Sarmina Ati, M.Pd dan Idwan Djais, M.Pd. Tujuan pentas di Desa Sangapati ialah; 1) memperkenalkan Seni Tari yang harus dilestarikan oleh generasi muda, khususnya mahasiswa dan pemuda di Sangapati, 2) memberikan wawasan kelokalan khususnya seni gerak sebagai kekayaan daerah di Maluku Utara, 3) memberikan spirit dan pembinaan kepada siswa SMP dan SMA Desa Sangapati, Makian Kabupaten Halmahera Selatan, 4) mendorong kepada pemerintah desa untuk membina sanggar kepemudaan di Desa Sangapati Kabupaten Halmahera Selatan.

Manfaat kegiatan ini adalah, 1) memberikan pemahaman kepada generasi muda Desa Sangapati tentang pentingnya melestarikan seni sastra, 2) membentuk karakter generasi bangsa yang cinta seni lokal dan berwawasan kebangsaan, 3) mensosialisasikan program studi kepada khlayak umum, khusus Desa Sangapati Kabupaten Halmahera Selatan…(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *