Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan muara dari semua kegiatan teori dan praktik bagi mahasiswa yang akan meyelesaikan studi diperguruan tinggi, khususnya di Prodi Bahasa Indonesia STKIP Kie Raha. Karena mahasiswa lulusan keguruan sesuai dengan visi dan misi Program Studi disiapkan untuk menjadi tenaga kependidikan (guru) yang profesional di bidangnya. PKL dapat diartikan juga sebagai suatu program pra guru pendidikan guru yang dirancang khusus untuk menyiapkan calon guru menguasai kemampuan keguruan yang terintegrasi secara utuh.

Setelah mahasiswa menyelesaikan pendidikan dan diangkat menjadi guru telah siap mengemban tugas sebagai guru. PKL pada hakikatnya adalah proses pembentukan profesi keguruan yang langsung dapat diterapkan di lapangan. Melalui praktik pengalaman lapangan setiap mahasiswa diharapkan dapat mengekspresikan ide-idenya dalam upaya meningkatkan kemampuan dalam praktik pembelajaran. Melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji, serta menilai dan mampu menjelaskan teori dengan secara nyata.

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) berlangsung kurang lebih 5 (lima) hari mulai pada tanggal 03-07 Desember 2018. PKL adalah suatu proses pembelajaran dan pelatihan secara praktis dalam bidang kompetensinya masing-masing, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman nyata bagi peserta didik tentang lingkungan kerja, etos dan budaya kerja yang belum dapat disampaikan sepenuhnya di sekolah.

Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL), yaitu; 1) mengenal secara cermat lingkungan fisik, administratif, akademik, dan sosial psikologi sekolah tempat pelatihan praktik mengajar; 2) menguasai berbagai keterampilan dasar proses pembelajaran; 3) menerapkan berbagai kemampuan professional keguruan; 4) mampu mengembangkan aspek kepribadian dan social.

Kegiatan dalam PKL yaitu; kuliah umum yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara, dan observasi kurikulum di SMA Alkhairat dan SMP Negeri Halmahera Utara.

Manfaat PKL adalah memberikan dampak positif terhadap pengembangan ilmu pengetahuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

dalam pelaksanaan kegiatan PKL melibatkan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai pembimbing. Dosen pembimbing, yaitu Agus Boriri, M.Pd dan Yusri A. Boko, M.Pd. Tugas pembimbing adalah mendampingi, mangamati dan melakukan brifing kepada mahasiswa yang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)…(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *