Literasi menjadi sangat urgen disetiap jenis dan jenjang pendidikan karena sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2003. Bab III tentang Prinsip Penyelenggaran, pasal 4 ayat (5): Pendidikan diselenggaran dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.

Hal ini, yang mendorong Yusman Leko dkk untuk menulis buku (Ontologi Puisi) dengan judul: “Ditapak-tapak Rindu”. Bagi Yusman Leko, menulis ialah bagian dari tanggung jawabnya sebagai mahasiswa.

“Dengan diterbitkan buku ini, dapat memberikan motifasi bagi teman-teman lainnya sehingga kampus menjadi wadah kreatifitas. Buku yang di terbitkan oleh Kuncup pada tahun 2019 adalah karya pertama Yusman dkk, dan menjadi energi bagi penulis dan teman-teman karena tahun 2019 akan ada terbitan buku baru juga,” ungkap Yusman saat ditemui media ini. Mahasiswa semester tujuh ini juga memiliki motto sendiri, yakni: Menulislah agar namamu dikenang.

“Mungkin selama ini kita terjebak dengan pemaknaan pendidikan hanya sebatas transfer dosen ke mahasiswa, ternyata tidak. Mahasiswa pun harus memberikan nilai lebih kepada dunia dalam bentuk karya,”cetusnya

Bagi Yusman, uang bisa dicari yang terpenting menulis lebih dulu.

“Buktinya, Ontologi Puisi ini bisa terbit karena berkat kami saling patungan. Masing-masing mahasiswa Rp 50.000. Dan Alhamdulillah bisa selesai,” Akuinya.

Saat ditanya soal dimana ia mendapatkan motivasi menulis?, jawabnya dari seorang dosen hebat di kampusnya

“Dari kandidat doktor Masayu Gay, S.Pd.,M.Pd dosen STKIP Kie Raha Ternate, pak Masayu selalu memberikan saya dorongan untuk tetap menulis,”beber pria kelahiran Sula itu.

Untuk diketahui penulis-penulis yang tergabung dalam ontologi puisi Di Tapak-tapak Rindu yakni : Rifki Leko, Sulasmi Kaufua, Misran Leko, Farmin Leko, Reege Adam, Mohd Tais, Norviyanti Umanahu, Riskanti Umaternate, Syafira Wahid, Habibi Amin, Fahri Taohi, Fadila Umasugi, Julita Sapsuha, Farida Noh, Fana Sapsuha, Aswin Nurdin, Rawiya Hasan dan Halima Idris.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *