Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (BASINDO) laksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Manado, Sulawesi Utara. Pelaksanaan praktik kerja lapangan ini jika ditinjau dari aspek mahasiswa perannya sangat penting, baik dalam rangka proses pematangan diri sebelum mahasiswa melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKN). Disini mahasiswa sudah dilatih untuk mengenal model dan membuat RPP. Praktik kerja lapangan merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa sebagai sarana mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya dan bagi lembaga-lembaga pendidikan dapat menjadi bahan masukan untuk mempersiapkan tenaga SDM yang dibutuhkan, sedangkan dunia usaha praktik kerja lapangan ini merupakan transfer ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sebagai masukan dalam mengambil langkah-langkah perubahan.

Dosen yang dilibatkan pada kegiatan PKL ialah; Agus Boriri, M.Pd, Idwan Djais, M.Pd, Sarmina Ati, M.Pd, Nurbaya Jafar, M.Pd, Sartika Samad, M,Pd dan Yusri A. Bako, M.Pd. Agenda Praktek Kerja Lapangan tersebut di tempatkan di Manado yaitu kuliah umum, oleh Dr. Haji Ribet SH, kunjungan di kampus Universitas Negeri Manado (UNIMA) dan SMA Katolik Manado. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu minggu. Yang dimulai pada tanggal 11 sampai 14 November 2019. Praktek Kerja Lapangan (PKL) diwajibkan bagi mahasiswa semester 7 (tujuh) guna untuk memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan, terutama tentang keguruan.

Tujuan dilaksankan PKL, yaitu; 1) meningkatkan wawasan pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan keterampilan pra guru; 2) mengetahui secara langsung gambaran kegiatan yang berhubungan dengan keguruan; 3) mengaplikasikan teori serta bidang ilmu yang sudah didapatkan dari bangku perkuliahan; 4) membagun hubungan yang baik antara instasi tempat PKL dengan Universitas Negeri Manado (UNIMA).
Dengan demikian manfaat PKL ialah, 1) menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata ketika mahasiswa menjadi seorang guru, 2) membandingkan penerapan ilmu dan teori yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan penerapannya di dalam dunia kerja khususnya keguruan, 4) memberikan gambaran tentang pengalaman yang didapatkan dan dipraktikan di lingkungan sekolah, 5) memperoleh pengalaman praktik secara langsung dan nyata di dunia kerja, khususnya sekolah, 6) mengajarkan mahasiswa tentang cara bertanggung jawab terhadap suatu tugas yang diberikan dosen dan guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *