Latihan Dasar Kepemimpinan merupakan program kaderisasi Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMAPRO) STKIP Kie Raha. Progam ini termasuk dalam program wajib tahunan. Kaderisasi ini digunakan sebagai bentuk pengenalan lingkungan keorganisasian dalam lingkungan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30. WIT dan berlangsung sampai dua hari. Pematerinya adalah Dosen dan Senioritas program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di lingkup STKIP Kie Raha.

Teknis LDK yang erat berkaitan dengan teori dan praktik secara langsung. Tema LDK 2020 adalah “Penguatanan Nilai Kesusastraan untuk Kepemipinan Masadepan”. Tema ini dipilih dengan maksud bahwa setiap Mahasiswa yang mengikuti LDK 2020 dapat memiliki karakter pemimpin, kata kepemipinan dalam konteks penguasaan nilai keilmuan, khususnya pendidikan bahasa dan sastra. Pemaparan materi LDK 2020 yang pertama adalah Sejarah Lahirnya HIMAPRO Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Manajemen Keorganisasiaan, ADRT HIMAPRO dan Manajemen Resiko dll.

Dalam LDK dijelaskan bahwa oraganisasi merupakan sebuah wadah kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tententu. Dalam prosesnya setiap tujuan organisasi akan sukar tercapai dan cenderung akan berkembang dalam setiap tujuannya, karena jika sebuah oraganisasi telah mencapai sebuah tujuan, maka daya gerak oraganisasi tersebut akan menghilang. Selain dinamika tujuan dalam organisasi, materi juga menjelaskan peran setiap orang-orang yang berada dalam organisasi.

Kegiatan dan pembagian fungsi tugas dalam keorganisasian diatur oleh AD/ART yang telah disepakati dan diturunkan dalam setiap periodenya. Kedudukan AD/ART ini dapat sebagai Konstitusi Organisasi Kemahasiswaaan yang secara tidak langsung berfungsi sebagai pemersatu lembaga kemahasiswaan dan panduan sah untuk setiap keorganisasiaan yang berada dibawahnya. Pergerakan organisasi selain dilandasi dengan tujuan dan konstitusi yang jelas, organisasi kemahasiswaan juga membutuhkan manajemen organisasi. Manajemen organisasi ini bertujuan untuk perencanaan pergeraan sebuah organisasi dalam menetapkan dan mencpai tujuan dengan menggunkan sumber daya dalam organisasi. Manajemen organisasi ini dapat meliputi perencanaan kegiatan jangka pendek-panjang, proses pengambilan keputusan, dan manajemen konflik.

Kegiatan yang terakhir adalah pembayatan yang dilakukan oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi…(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *