Pentingnya pelatihan Master of Ceremony (MC) dan Public Speaking untuk mahasiswa pra guru (pendidik) adalah untuk menunjang performa dalam karirnya. Hal inilah yang menjadi tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menggelar pelatihan MC dan Public Speaking bagi mahasisw se-STKIP Kie Raha Ternate. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu tangal 22-23 Desember 2020. Mahasiswa juga membutuhkan kemampuan public speaking untuk mengasah kemampuan berbicara di depan public. Terlebih ketika ia menjadi seorang guru, maka dituntutnya yaitu harus bisa mentransfer ilmu yang dimiliki sekaligus dapat memberikan high-impact bagi siswanya kelak.
Saat mengajar di depan kelas, banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya penyampaian materi. Diantaranya, faktor visual, apa yang dilihat menjadi salah satu faktor penting. Eye contact, ekspresi wajah, bahkan cara berdiri perlu diperhatikan. Pelatihan kompetensi di bidang MC dan Public Speaking tersebut dilakukan oleh pakar di bidang komunikasi. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang MC, ungkap Agus Boriri, M.Pd pada saat sambutan.
Kaprodi Bahasa Indonesia Agus Boriri mengatakan pengembangan kualitas SDM di bidang kehumasan dan protokoler juga menjadi acuan dalam kegiatan ini. Ia berharap momentum ini dapat dimanfaatkan para peserta dalam pengembangan ketrampila MC atau public speacing. Sehingga seluruh peserta dapat menggunakannya di unit kerja, terutama sekolah. Semoga melalui pelatihan ini, akan melahirkan MC atau pemandu-pemandu acara yang hebat dan profesional selain kita memiliki personil MC yang siap tampil dan mampu menunjukkan kemampuannya di berbagai jenis acara.
Pelatihan MC dan public speaking ini diikuti sebanyak 17 peserta dari berbagai Sepuluh prodi di STKIP Kie Raha, yakni Prodi Matematika, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Bahasa Inggris, Prodi Fisika, Prodi Geografi dan Prodi Sejarah. Pada pelatihan ini juga diajarkan mengenai dasar-dasar keprotokolan agar para peserta memahami sikap, penampilan, dan perilaku. Dalam pelatihan dan loba MC dan Public Speaking dimenangkan oleh mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Matematika. Runi Rustam selaku mahasiswa STKIP Kie Raha mengaku beruntung bisa mengikuti pelatihan yang digagas oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Pelatihan ini sangat bermaanfaat dan menambah percaya diri karena dengan pelatihan kita juga dibekali teori,” katanya…(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *