Profil Lulusan

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia akan selalu menciptakan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan bekal keterampilan sebagai berikut:

NomorKeahlianDeskripsi
1Tenaga Pendidik (dosen, guru, instruktur) bahasa dan Sastra IndonesiaPendidik yang profesional yang memiliki kemampuan pedagogik dan keilmuan bidang studi bahasa dan sastra Indonesia yang berdaya saing, serta mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi, serta mengembangkan pembelajaran secara kreatif, inspiratif, inovatif, dan memotivasi.
2JurnalisMemiliki kemampuan menerapkan ilmu kebahasaan dan kesastraan untuk menjadi wartawan, penyiar, dan pengelola media massa baik cetak, elektronik, maupun online.
3Peneliti Pemula Bahasa dan Sastra Mengembangkan IPTEK untuk menjadi peneliti pemula terhadap masalah-masalah pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan melakukan publikasi dalam berbagai forum ilmiah.
4PenyuntingMererapkan pengetahuan kebahasaan dalam melakukan penyuntingan teks baik teks fiksi maupun non fiksi sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
5PewaraMemiliki kecakapan dalam mengimplementasikan keterampilan berbahasa guna menjadi pewara yang baik dan benar baik formal, semiformal, dan informal.
6Pelatih SanggarMengembangakan kepribadian secara kreatif dan inovatif dalam membangun jejaring komunikasi yang dapat memotivasi untuk menjadi pelatih teater, drama serta tarian daerah sesuai dengan ciri khas daerah di Maluku Utara.